Jumat, 04 September 2009

Lets say "Oeeeyaahhhh ???"


LCD Text Generator at TextSpace.net


Lets Say : "o0yeaaahhh ??? " to the media !!!! (shout it loud with "Alay" style biar lebih menjiwai hahahaha.......)

Gua mulai membiasakan diri teriak "Oeeeyaahhhh ???" tiap kali nonton berita di TV.

kenapa ??? kunaon ?? why ?? moncos perdedos ?? naha nya nan deska ?? (dua kata terakhir asal nulis !! sejak kapan gua bisa bahasa spanyol n jepang ... yang penting gaya hahaha)

alasannya :

bukan karena gua mulai gila teriak2 "Oeeeyaahhhh ???" (gua waras 100 % kalo dibandingin sama tukul atau budi andoek)

bukan karena gua mulai kecanduan garem, tiap hari teriak minta "uyah" (uyah = garem dalam bahasa sunda, kalo gak percaya tanya saja wa kepoh atau mang dadang"

dan "bukannya aku takut akan kehilangan dirimu, tapi aku takut kehilangan cinchaa mu" (naha jadi nyanyi lagu juliete hahaha)

the real reason is :
media informasi sekarang sudah mulai ngacapruk (what is the meaning of ngacapruk?? sekali lagi tanya saja wa keppohh) , sok tau dan sering kali asal bunyi.

contohnya pas abis musibah gempa kemaren, di berita Tv pada lomba bikin pernyataan : "gempa susulan yang lebih besar bakalan terjadi lagi !! waspadalah (pesan ini disampaikan oleh bang napi lol). gua langsung bereaksi (dengan alaynya) "Oeeeyaahhhh ??? maca ciiiii ??". tanpa deteksi yang pasti dari para ahli dan tanpa bukti yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah mereka membuat pernyataan yang "asal bunyi" seperti itu. dampaknya masyarakat makin trauma dan ketakutan !! tetangga gua aja kemana-mana pake helm saking takutnya, dia kerja nyari duit jadi pake helm, nongkrong sama temen2 nya pake helm, cuman boker aja yang gua gak tau pake helm atau ngak (sekedar informasi nama tetangga gua: Mamat codet, pekerjaan : tukang ojek)

contoh kedua : pas kemaren lagi rame polisi "maen perang-perangan" lawan terrorist yang mirip lagi maen "counter strike" , media dengan gampangnya menyatakan "Noordin Nge-pot tertembak mati ketika sedang beol " !! wualahhh ngasal.. padahal si noordin nge-pot lagi dagang kolak di depan indomaret, buat tambah-tambah biaya beli bahan-bahan bom.

contoh ketiga : ada pengumuman di TV bahwa luna maya itu ternyata banci !! asal kan ... (kalo yang ini gua ngarang sendiri, soalnya gua kehabisan ide buat contoh nomer 3 !! silahkan kalian sama-sama bilang "Oeeeyaahhhh ???" atas pernyataan saya ini hehehe...)

intinya the media has become disinformed...... apa kabar dengan slogan "Tajam terpercaya" ??
slogan media yang masih dapat diandalkan mungkin hanya "selalu terdepan"!! yupz selalu terdepat melempar isu sebelum di krosceck kebenaranya, selalu terdepan berlomba-lomba mencari berita hanya untuk menaikan ratting tanpa informasi yang jelas, sehingga yang terjadi adalah : media "makin asik aja!!" (you know what i mean rite ??)

disisi lain, masyarakat kita (termasuk kang Mamat yang saya sebutkan diatas) terlalu mudah menelan mentah-mentah menu yang disodorkan oleh media, sehingga yang terjadi, masyarakat menjadi seperti gerombolan bebek yang dapat digiring dengan mudahnya. satu isu membuat sebagian besar menggok ke kanan, ada isu lagi menggok ke kiri, ada lagi mundur kedepan....

informasi terakhir yang gua dapet. gara-gara pernyataan media tentang gempa susulan beredar sms "menakut-nakuti" di masyarakat, yang membuat sebagian besar penduduk jawa barat kena Phobia akut dan berduyun-duyun ke tukang helm terdekat, sehingga membuat tukang helm kehabisan stock dan terjadi inflasi besar-besaran terhadap nilai tukar mata uang atas helm yang menyebabkan indonesia mengalami krisis kekurangan helm nasional terburuk sepanjang sejarah peredaran helm di dunia. (halah... hiperbola tingkat tinggi).

oleh sebab itu, maka gua mulai belajar mengucapkan "Oeeeyaahhhh ???" terhadap menu yang disodorkan media, bukan membantah mentah-mentah tapi belajar berfikir dan mencerna dulu mencari kebenaran di balik apa yang disodorkan media. toh gua bukan "keledai" yang malas berfikir, dan bukan "bebek" yang mau dengan gampangnya digiring!! bukan, gua bukan itu!! gua itu "kera" yang punya otak segede kacang polong !! (lumayan buat mikir dikit hehehe...)

"Journalists probably have more impact on shaping public opinion than any other group of professionals. Better informed journalists mean a better informed public and better informed policymakers." -- Susan Kreifels, a media specialist at the East West Center in Honolulu, Hawaii--


"And disinformed medias will only shape a disinformed society n stupid public policies.." (yang ini kopass dari coment temen gua di Fb "Don loper koran")


akhir kata silahkan kalian semua teriak "Oeeeyaahhhh ???" terhadap posting gua ini !!!
toh mungkin saja gua "asal bunyi" waspadalahh !!

~ salam kangen dan rindu -bang napi- hehehe~

0 comments:

Posting Komentar